Kunjungan Humas Kabupaten Magelang

 BANYUWANGI – Banyuwangi kembali mendapat kunjungan dari kabupaten lain, Senin (27/4). Kali ini Humas Kabupaten Magelang yang datang khusus untuk menimba ilmu dari kabupaten paling ujung timur Pulau Jawa ini. Rombongan sebanyak 40 orang yang dipimpin oleh Asisten Administrasi Umum, Endra Endah Wacana ini diterima Bupati Abdullah Azwar Anas di Lounge Pelayanan Publik Pemkab Banyuwangi.

Saat ditemui bupati, Endra Endah Wacana mengungkapkan apa yang melatarbelakangi kunjungan mereka ke Banyuwangi. “Kami banyak mendengar tentang Banyuwangi dari pemberitaan yang sangat gencar. Tak hanya dari media cetak, tapi juga elektronik. Hal itu membuat kami penasaran ingin mengetahui apa saja teknik-teknik jitu yang diterapkan sehingga Banyuwangi begitu melejit di kancah nasional, terutama soal pariwisatanya,”tutur Endra.

Bupati Anas dalam pertemuan itu menekankan pentingnya suatu daerah mengenal keunggulan daerahnya. “Kalau kita mau mengembangkan daerah kita, kenali dulu potensi daerah yang kita miliki. Bisa jadi apa yang mungkin dikembangkan disini, tidak bisa dikembangkan di Magelang. Begitu juga sebaliknya,” ujar Bupati Anas.

Tentang metode yang diterapkan, bupati  membagikan kiatnya. “Internal pemerintah daerah harus mengoptimalkan kinerjanya. Seperti apa yang diterapkan di Banyuwangi. Disini PNS harus mampu jadi Event Organizer (EO) atas acara-acara yang kami buat. Selain memperingan beban keuangan yang dikeluarkan, ini sekaligus juga mengedukasi para PNS supaya mereka solid dan mampu bekerja dalam tim,”kata bupati yang juga tidak melewatkan kesempatan untuk bercerita tentang berbagai hal yang ia lakukan dalam membangun Banyuwangi. Misalnya lewat event Banyuwangi Festival yang rutin digelar Banyuwangi setiap tahunnya. (Humas & Protokol)

Oleh : BAPPEDA BWI